http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Saturday 14 October 2017

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Dan KecantikanJengkol adalah makanan yang tidak banyak disukai oleh kebanyakan orang. Tidak banyak juga orang yang tahu tentang jengkol. Banyak orang tidak menyukai jengkol karena baunya yang sangat menyengat, bisa dibilang baunya tidak sedap sama sekali. Tetapi bagi orang yang menyukai jengkol, menurut mereka bau jengkol sangatlah sedap. Sama halnya seperti pete. Pete juga termasuk jenis makanan yang mempunyai bau yang tidak sedap bagi kebanyakan orang. Pete berwarna hijau, cocok untuk bumbu masakan sayur lodeh atau sambal goreng. Banyak orang menganggap tanaman – tanaman atau jenis makanan seperti jengkol atau pete tidak mempunyai khasiat atau manfaat bagi tubuh kita. Ada juga yang berpendapat bahwa pete dan jengkol dapat menyebabkan penyakit ginjal dan lain sebagainya. Namun tidak hanya dari segi negatifnya saja yang dilihat, ternyata jengkol juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Seperti pembentukan jaringan tubuh, mencegah anemia, mencegah osteoporosis/bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi, juga bermanfaat untuk menagkal radikal bebas, membantu mengatasi penyakit jantung coroner, mengecilkan perut buncit, mencegah diabertes, dan masih banyak lagi. Berikut penjelasan tentang manfaat jengkol untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat jengkol untuk kesehatan dan kecantikan


Jengkol adalah jenis makanan yang tidak banyak disukai oleh banyak orang, namun memiliki manfaat yang luar biasa banyak. Manfaat jengkol untuk kesehatan dan kecantikan sangat dapat dinikmati bagi orang – orang yang mengkonsumsi jengkol. Seperti halnya manfaat jengkol bagi kesehatan adalah untuk membentuk jaringan tubuh, jengkol mengandung protein yang tinggi, lebih banyak dari kacang hijau dan kacang kedelai. Sehingga jengkol juga dapat membentuk jaringan tubuh karena protein yang dikandungnya. Ada pula manfaat jengkol untuk mencegah anemia, jengkol mengandung banyak zat besi, maka dari itu jengkol juga dapat berfungsi untuk mencegah zat besi karena kandungan zat besi tersebut. Jengkol juga mengandung mineral yang dibuthkan oleh tubuh seperti kalsium dan fosfor. Maka dari itu jika mengkonsumsi jegkol pada porsi yang cukup, maka dapat mengurangi resiko osteoporosis. 

Jengkol juga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, karena selain mengandung zat besi dan mineral, jengkol juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. vitamin – vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan dapat juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Orang – orang yang menyukai jengkol lebih cenderung sering buang air kecil, lancarnya buang air kecil sangat baik untuk orang – orang yang mempunyai penyakit jantung coroner. Jengkol juga dapat mencegah penyakit diabetes, karena di dalam jengkol ada kandungan yang dinamakan zat asam jengkolat yang sifatnya tidak larut oleh air, sehingga zat tersebut dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Jengkol juga dapat mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah, karena kandungan mineral dari jengkol tersebut dapat melebarkan pembuluh darah yang menyempit. 

Maka dari itu untuk menikmati khasiat jengkol tersebut, cara memasak jengkolnya pun juga harus benar, seperti tidak boleh terlalu matang, supaya kandungan di dalamnya tidak hilang. Selain out jengkol juga dapat mengatasi sembelit pada ibu hamil, biasanya ibu hamil sering mengalami sembelit, serat dalam jengkol dapat membantu mengatasi sembelit. Penjelasan sebelumnya sudah menjelaskan bahwa jengkol mempunyai kandungan kalsium dan fosfor, sehingga dapat juga membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih ada di dalam kandungan. Baca: Manfaat Buah Belimbing Untuk Diet Kesehatan Dan Kecantikan
Rating: 4.5