http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Saturday 23 September 2017

Cara Mengatasi Kram Pada Betis Dan Tangan

Cara Mengatasi Kram Pada Betis Dan TanganKram otot atau cedera otot tidak hanya terjadi pada ibu hamil saja, di usia anak – anak maupun remaja pun juga dapat mengalami kram otot. Hal itu biasa terjadi ketika kita salah melakukan gerakan saat olah raga atau kita mengangkat beban yang terlalu berat untuk diri kita sendiri. Salah posisi dalam tidur juga mengakibatkan cedera otot, biasa terjadi pada bagian bahu dan leher. Ada banyak hal – hal yang mengakibatkan terjadinya kram. Beberapa penyebab terjadinya kram jika kita mengalami kekurangan mineral dalam tubuh, kekurangan mineral seperti kalsium dan magnesium dapat mengakibatkan kram. Kram dapat terjadi karena adanya tekanan yang terlalu banyak terhadap syaraf tulang belakang yang mengakibatkan rasa nyeri pada saat berjalan. Dehidrasi dapat mengakibatkan kram karena cairan dalam tubuh kita berkurang yang mengakibatkan penyempitan pembuluh arteri saat mengalirkan darah ke seluruh tubuh, dan membuat aliran darah kita tersendat. Jelas terlihat ada banyak sekali hal – hal yang mengakibatkan kram. Tidak jarang pula kita mengalami kram pada betis dan tangan, terlebih lagi saat olahraga. Olahraga memang sangat beresiko mengakibatkan kram, apabila kita tidak melakukan peregangan terlebih dahulu sebelum memulai olahraga. Jika hal itu terjadi ada berbagai cara mengatasi kram pada betis dan tangan.

Cara mengatasi kram betis


Saat berolahraga sering kali kita melakukan salah gerakan atau lupa untuk melakukan peregangan sebelum berolahraga. Gerakan – gerakan yang salah dalam berolahraga membuat kita mengalami kram pada betis. Lalu bagaimanakah cara mengatasi kram betis tersebut? ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan saat kram betis terjadi. Pertama, saat kram terjadi usahakan untuk menghentikan sejenak aktivitas yang dilakukan. Kram betis tersebut mungkin terjadi karena ada posisi kita yang salah saat berolahraga. Karena saat berolahraga banyak cairan dan mineral yang keluar dari dalam tubuh, sehingga kita kekurangan unsur – unsur tersebut dan membuat betis kita menjadi kram. Maka dari itu kita harus segera menghentikan aktivitas olahraga jika kram terjadi. Sehingga otot – otot yang tegang pada saat kram dapat segera melemas dan rileks, dan kram betis tidak terasa nyeri lagi. Setelah berkurang rasa nyeri pada betis tadi, pijat pelan – pelan di sekitar betis yang kram tersebut, jangan langsung pijat pada bagian betis yang kram, karena hal tersebut dapat mengakibatkan salah otot atau bergesernya otot.

Otot betis yang kram akan bergeser jika dipijat, karena kondisi otot pada saat itu masih kaku, sehingga tidak dapat fleksibel saat dipijat. Lain cara mengatasi kram betis adalah dengan mengkompres betis yang kram dengan air panas. Tegangnya otot pada bagian betis dapat dikendurkan dan ditenangkan dengan air panas. Caranya adalah dengan menuangkan air panas ke dalam botol, kemudian tutup botol tersebut dan kompreskan ke bagian betis yang kram. Hal tersebut akan membuat otot lebih relaks dengan air hangat tersebut. Selain itu, sebagian besar tubuh kita mengandung air, jika kita kekurangan cairan maka aliran darah dalam tubuh juga akan terganggu.Begitu pula tubuh kita, kram akan terjadi saat kita kekurangan air putih. Maka dari itu saat kram sangat dianjurkan untuk meminum air putih yang banyak.

Cara mengatasi kram pada tangan


Kita juga pernah mengalami kram pada tangan. Cara mengatasi kram pada tanganjuga sama dengan mengatasi kram betis. Sehingga kita hanya perlu mengaplikasikan cara tersebut pada tangan kita yang kram. Baca: Cara Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil
Rating: 4.5