http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Sunday 1 November 2015

Ciri - Ciri Khusus Tumbuhan Kantong Semar


Ciri - ciri khusus tumbuhan kantong semar – Bicara masalah tumbuhan, anda semua pasti sudah tahu jika di dunia ini ada banyak sekali jenis tumbuhan. Dari berbagai macam jenis tumbuhan yang hidup di dunia ini, ada salah satu tumbuhan yang biasa dikenal dengan nama kantong semar. Tumbuhan kantong semar adalah salah satu jenis tumbuhan yang dilindungi, sebab tumbuhan jenis yang satu ini sudah mulai langka keberadaannya atau bisa dikatakan jenis tumbuhan yang hampir mengalami kepunahan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dari semua jenis tumbuhan yang hidup di dunia ini pasti memiliki ciri ciri masing masing dan hal itu sudah menjadi suatu hal yang pasti, begitu pula dengan tumbuhan kantong semar tersebut. Nah, topik pembahasan saya kali inijuga masih berhubungan dengan ciri ciri khusus pada tumbuhan, hanya saja pada kesempatan ini saya lebih tekan kan untuk membahas tentang ciri – ciri khusus tumbuhan kantong semar. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimaknya secara langsung penjelasan berikut ini.

Ciri – ciri tumbuhan kantong semar

Sebelum saya bahas lebih dalam tentang ciri – ciri tumbuhan kantong semar, untuk lebih dulu akan saya jelaskan dulu sekilas informasi tentang jenis tumbuhan tersebut. Tumbuhan kantong semar itu merupakan salah satu jenis tumbuhan yang hidup didunia ini dan satu satunya jenis tumbuhan yang mempunyai kantong seperti sebuah kantong yang dimiliki oleh semar. Nah, dari situlah mengapa jenis tumbuhan yang satu ini dikenal atau diberi nama sebagai tumbuhan kantong semar, namun selain itu kantong semar tersebut juga merupakan salah satu ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut.

Tumbuhan kantong semar itu sendiri banyak hidup atau berhabitat pada daerah yang memiliki iklim tropis, seperti pada Negara Australia, Indonesia, india, sri lanka, dan lain sebagainya. Akan tetapi jumlah populasi tumbuhan kantong semar yang paling banyak berada di pulau borneo dan pulau Sumatra. Tumbuhan yang satu ini juga memiliki nama latin yaitu tropical pitcher plant. Jika dilihat berdasarkan dari hasil klasifikasi tumbuhan, tumbuhan kantong semar ini masuk dalam jenis tumbuhan karnivora.

Nah, diatas adalah sedikit keterangan seputar tumbuhan kantong semar. Sekarang saya akan kembali pada topik atau masalah utama yang akan dibahas pada kesempatan kali ini yaitu masalah tentang ciri – ciri tumbuhan kantong semar. Tumbuhan kantong semar memiliki beberapa ciri – ciri yang bisa membedakan dengan jenis tumbuhan yang lainnya. Mengenai mareti tentang ciri ciri kantong semar tersebut, dapat anda simak pada uraian dibawah ini.

Ciri ciri kantong semar

Seperti yang sudah saya katakana diatas, bahwa sesungguhnya tumbuhan kantong semar itu memiliki beberapa ciri ciri khusus yang bisa membedakan dengan jenis tumbuhan yang lainnya. Berikut adalah ciri ciri kantong semar, yang diantaranya meliputi :
  • Memiliki kantong seperti yang dimiliki oleh semar.
  • Memiliki tinggi hingga mencapai 15 hingga 20 meter. 
  • Salah satu jenis tumbuhan karnivora. 
  • Menggunakan kantongnya untuk menangkap binatang yang hendak dimakannya.
Rating: 4.5