http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Saturday 7 November 2015

Bunga Dan Tumbuhan Kantong Semar

Bunga dan tumbuhan kantong semar – Kantong semar adalah jenis tumbuhan yang termasuk dalam jenis bunga. Tumbuhan ini sering dijadikan sebagai salah satu tanaman hias. Yah, mungkin karena bentuknya yang unik karena memiliki kantong yang menyerupai kantong milik semar. Maka dari itu tumbuhan atau bunga ini diberi nama kantong semar.

Tumbuhan atau bunga kantong semar ini masuk dalam jenis genus nepenthes. Dalam bahasa inggris kantong semar ini di sebut dengan nama tropical pitcher plant. Genus yang satu ini adalah termasuk dalam jenis tumbuhan karnivora yang banyak hidup di daerah yang memiliki iklim tropis seperti di daerah Indochina,Indonesia, Seychelles, Malaysia, Kaledonia Baru, India, Madagaskar sisi barat, Republik Rakyat Cina sisi selatan, Filipina, Sri Lanka, dan di negara Australia. Habitat spesies tumbuhan kantong semar yang paling banyak adalah di daerah Borneo dan juga daerah Sumatra.

Tumbuhan atau bunga yang satu ini adalah salah satu jenis tumbuhan atau bunga yang paling banyak spesiesnya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut lagi tentang tumbuhan dan bunga kantong semar ini, maka anda harus menyimak penjelasan yang ada di bawah ini. Untuk itu langsung saja yuk kita simak penjelasannya.

Tumbuhan kantong semar

Tumbuhan kantong semar adalah jenis tumbuhan karnivora yaitu jenis tumbuhan pemakan serangga. Tumbuhan ini memiliki nama latin yaitu tropical pitcher plant. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa tumbuhan kantong semar ini banyak hidup di daerah yang memiliki iklim tropis seperti Negara Indonesia. Namun daerah yang paling banyak ditumbuhi jenis tumbuhan ini adalah daerah borneo dan juga Sumatra seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Tumbuhan yang satu ini memiliki ciri yang sangat khusus. Tahukah anda jika setiap tumbuhan yang hidup itu memiliki ciri ciri yang berbeda beda antara tumbuhan yang satu dengan yang lainnya, hal ini sangat berguna untuk memudahkan kita semua dalam membedakan jenis tumbuhan yang satu dengan yang lainnya. Ciri paling khusus dari tumbuhan kantong semar ini adalah memiliki kantong yang menyerupai kantong yang dimiliki oleh semar.

Kantong semar dalam tumbuhan ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam kelangsungan hidupnya, karena kantong tersebutlah yang digunakan untuk menangkap mangsa atau menangkap serangga serangga kecil yang ada di sekitarnya untuk dimakan dan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Yah, sama seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa tumbuhan kantong semar adalah tumbuhan karnivora atau tumbuhan pemakan serangga. Hmm, tapi satu hal yang harus anda ketahui meskipun tumbuhan ini merupakan jenis tumbuhan karnivora tapi jenis tumbuhan ini dapat dijadikan sebagai bunga yang cantik yang dapat digunakan untuk menghias rumah anda.

Bunga kantong semar

Tumbuhan kantong semar jika kita hanya mendengar sekilas tentang tumbuhan ini mungkin yang ada di benak anda adalah jenis tumbuhan yang menakutkan karena ini adalah jenis tumbuhan karnivora yang banyak memangsa serangga. Namun, jika anda bisa melihat dari sisi lain sebetulnya tumbuhan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi anda semua. Salah satu manfaatnya adalah tumbuhan ini bisa dijadikan sebagai salah satu tanaman hias, untuk itu tidak heran jika banyak orang yang menyebutnya sebagai salah satu jenis bunga, yah lebih tepatnya adalah bunga kantong semar.
Rating: 4.5