http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Tuesday 20 October 2015

Manfaat Sayur Wortel dan Resep Sayur Oyong

Manfaat sayur wortel dan sayur oyong - wortel sering digadang-gadang sebagai malaikat penyembuh mata minus, karena kandungan vitamin A yang sering membuatnya dikait-kaitkan dengan mata . Namun tahukah anda wortel tidak hanya mengandung vitamin A masih banyak nutrisi lain didalamnya. Di dalam 100 gram wortel ada Energi 173 kJ, Karbohidrat 9 g, serat 3 g, Lemak 0,2 g, Gula 5 g, Protein 1 g, Vitamin A 93%, Vitamin C 12%, Vitamin B6 8%, Vit. B13%, Vit. B2 3%, Vit. B38%, Vit. B9 5%, Beta-karoten 77% , Besi 5%, Fosfor 5%, Kalsium 3%, Kalium 5%, Sodium0,1%, Magnesium 5%. Berikut beberapa manfaat sayur wortel:

1. Kesehatan mata

Poin utama pada wortel adalah kandungan vitamin A yang sangat besar sekali sehingga dapat menyehatkan mata dan dapat menyembuhkan beberapa masalah mata seperti minus dan rabun.

2. Menjauhkan dari resiko kanker

Wortel mengandung fosfor dan betakaroteng yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan betakaroten pada wortel dapat menjadi antioksidan yang ampuh melawan penyakit, sehingga terhindar dari kanker. Pada wortel juga ditemukan senyawa falcarindiol dan falcarinol yang merupakan anti kanker

3. Menyehatkan kulit

Setiap wanita mendambakan kulit yang sehat, putih, kencang dan mulus. Hal tersebut dapat terwujud apabila sering mengkonsumsi sayur wortel dikarenakan vitamin C dan antioksidan pada wortel yang dapat menutrisi kulit.

4. Mencegah osteoporosis

vitamin K, kalsium, kalium pada wortel berguna untuk memperkuat tulang, sehingga terhindar dari osteoporosis. Nutrisi ini membantu senyawa osteokalsin menyerap mineral untuk menutrisi tulang agar tidak mudah keropos.

5. Membantu penyembuhan luka

Proses pembentukan benang fibrin dalam menyembuhkan luka akan normal bila cukup memiliki vitamin k.

Setelah pembahasan manfaat sayur wortel, saya akan membahas resep sayur oyong yang sebelumnya sudah dijelaskan tentang berbagai manfaat sayur oyong. Membuat sayur oyong dapat di buat sayur oyong bening dan dapat dijadikan sayur oyong soun yang semakin membuat rasanya lezat. Berikut resepnya.

Bahan-bahan yang diperlukan :
½ kg gambas
3 siung bawang putih
1 sdt gula pasir
merica secukupnya
1/2 sdt penyedap rasa/ kaldu
garam secukupnya
750 ml air
1 buah tomat
3 butir bawang merah
minyak untuk menumis

kupas oyong dan cuci bersih, setelah di cuci potong-potong oyong. Haluskan bawang, merah, bawang putih, dan merica, setelah halus tumis bumbu biarkan sampai mengeluarkan bau harum. Tambahkan air dan tunggu sampai mendidih. Masukkan oyong dan tomat beri garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya. Tunggu hingga layu. Angkat dan sajikan di mangku. Terakhir taburkan bawang goreng. Sayur oyong bening siap disantap.

Selain sayur oyong bening, ibu sering menambahkan soun sebagai pelengkap sayur oyong agar lebih berselera saat menyantapnya. Berikut resep sayur oyong soun:

Bahan yang diperlukan :

100 gr soun

2 buah gambas

3 siung bawang putih

3 siung bawang merah

Merica secukupnya

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

1 buah Tomat

Air secukupnya

1 bataang Daun bawang

Minyak goreng secukupnya

Bawang goreng secukupnya

· Seduh soun dengan air panas, diamkan selama 5 menit lalu tiriskan

· Haluskan bawang puting, bawang merah dan merica lalu tumis

· Masukkan air tunggu hingga mendidih

· Masukkan oyong, daun bawng, dan juga tomat,

· Masukkan soun lalu beri gula, garam dan penyedap rasa secukupnya. Tunggu hingga matang



· Sajikan sayur oyong soun dan taburkan bawang goreng diatasnya
Rating: 4.5