http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Sunday 25 October 2015

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat buah manggis untuk kesehatan ibu hamil - Bagi seorang yang sedang hamil, menjaga kesehatan janin adalah hal yang sangat mutlak. Agar janin tetap sehat dan kuat sehingga janin tidak akan mengalami kelainan kesehatan, seperti kekurangan gizi dan cacat saat lahir.

Untuk menghindari berbagai kemungkinan buruk yang dapat terjadi, seseorang yang sedang hamil harus mengkonsumsi asupan nutrisi dan makanan yang baik untuk kesehatan janin, salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan. Salah satu buah yang bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil adalah manggis. Manggis adalah buah yang mudah ditemukan di Indonesia terutama saat musim kemarau. Buah manggis mengandung berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan seseorang saat hamil.

Berikut bebrapa manfaat buah manggis untuk kesehatan ibu hamil

1. Kesehatan ibu

Manggis kaya akan mineral vitamin dan didalamnya, vitamin c pada manggis berguna untuk kesehatan kulit seseorang yang sedang hamil yang akan hitam dan kendur selama kehamilan.

2. Kesehatan janin

Manggis dapat berfungsi sebagai penyedia asam folat yang penting sekali untuk kesehatan janin. Asam folat dibutuhkan untuk pertumbuhan otak janin dan tulng belakang janin. Janin yang asam folatnya tercukupi akan tumbuh sehat dan cerdas. Manggis mengandung asam folat sebesar 65 mikro gram dalam setiap 50 gram. Manfaat buah manggis untuk ibu hamil membantu pertumbuhan bayi sehingga mencegah cacat pada otak, tulang belakang dan beberapa jenis cacat pada bibir.

3. Pembentukan tulang

Mangan pada manggis bermanfaat untuk membantu pembentukan kerangka janin serta membantu pembentukan tulang rawan pada janin

4. Membentuk Sistem Kekebalan Tubuh

Seseorang yang sedang hamil membutuhkan asupan makanan sehat untuk membentuk imun tubuh yang kuat selama kehamilan. Manggis kaya vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang yang sedang hamil. Vitamin C berperan untuk meningkatkan kesehatan seseorang yang sedang hamil, menjaga sistem kesehatan janin agar tidak mudah terkena infeksi kuman dan bakteri, serta mempersiapkan kulit seseorang yang sedang hamil saat janin tumbuh besar agar tetap sehat.

5. Mengatasi Sembelit

Manggis mengandung serat yang dibutuhkan oelh tubuh saat malakukan proses pencernaan makanan. Ibu hamil sering mengalami sembelit dan rasa tidak nyaman karena pengaruh hormon pada sistem pencernaan. Serat yang dikandung buah manggis akan mengurangi rasa sembelit.

6. Menjaga Elastisitas pada Kulit

Selama seseorang hamil kulit bagian perut akan merenggang sesuai dengan umur janin yang terus membesar.seseorang yang sedang hamil membutuhkan nutrisi yang dapat membuat kulit tetap elastis.

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Saat hamil seseorang sering mengeluh tentang pencernaan yang buruk serta kesehatan yang terganggu. Hal ini karena tubuh sedang mempersiapkan pertumbuhan sang janin. Buah manggis dapat membantu mengurangi masalah tersebut, karena manggis mengandung vitamin B kompleks yang mendukung proses metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. Sehingga makanan yang masuk ke tubuh ibu hamil dapat dicerna dengan baik sehingga kesehatan ibu hamil akan tetap terjaga.
Rating: 4.5