http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Thursday 12 February 2015

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Ikan - Sekarang sudah semakin terkenal minyak ikan, yup minyak ikan berasal dari jaringan pada jenis ikan tertentu yang mengandung minyak, minyak ikan pertama kali di ambil dari lemak ikan paus dan pada perkembanganya minyak ikan di ambil dari ikan dan hewan laut lainya. di dalam minyak ikan terkandung omega-3 eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA)yang merupakan prekursor untuk eicosanoids yang bisa mengurangi peradangan di seluruh tubuh, oleh karenanya banyak orang yang mencari dan memanfaatkan minyak ikan untuk kesehatan tubuh mereka, bagai mana dengan kamu apakah begitu juga.?

minyak ikan
ilustrasi
Jika sebelumnya saya sebutkan bahwa minyak ikan pada awalnya di ambil dari lemak ikan paus, maka kini yang lebih umum di ambil minyaknya adalah ikan tuna sirip kuning, herring, makarel, sarden, dan salmon. dan untuk kualitas minyak ikan itu sangat tergantung dari jenis ikan yang di ambil.
Nah apa saja manfaat minyak ikan yang bisa berguna untuk kesehatan tubuh manusia, mari kita langsung saja simak di bawah ini.

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

Mencegah kanker
Minyak ikan telah terbukti efektif terhadap tiga bentuk umum kanker - payudara, usus besar, dan prostat.
Omega 3 membantu menjaga sel-sel sehat yang normal dari bermutasi menjadi tumor kanker dan mengendalikan pertumbuhan sel yang tidak diinginkan.

Menormalkan kolesterol
Kehadiran EPA (asam eicosapentaenoic) dan DPA (docosahexaenoic acid) ditemukan di sebagian besar suplemen minyak ikan berkualitas tinggi membantu mengatur kolesterol.

Ramping dengan minyak ikan

Konsumsi ikan dapat digunakan untuk menyembuhkan hipertensi dan obesitas.
Sebuah studi di Australia menemukan diet penurunan berat badan dengan mengkonsumsi teratur minyak ikan bisa sangat efektif.

Pengobatan arthritis
Penggunaan jangka panjang dari minyak dapat efektif mengurangi dan mencegah nyeri artritis.

Kesehatan mata
Omega-3 menawarkan perlindungan terhadap degenerasi makula (AMD) dari mata dan juga mengurangi risiko sindrom mata kering.

Gangguan mental
Minyak ikan membantu mengurangi risiko penyakit, demensia, dan skizofrenia Alzheimer.

Kesehatan kulit dan rambut
Omega 3 membantu kelembaban sel kulit, menghasilkan kolagen, meredakan peradangan kulit, dan memberikan tampilan muda.
Kadar protein dalam minyak ikan membantu pertumbuhan rambut dan menjaga kuat, rambut sehat.

Tekanan darah tinggi
Omega-3 memiliki anti inflamasi dan anti-koagulan, yang membantu menurunkan tekanan darah.
Darah didorong lebih lancar seluruh tubuh maka hanya sedikit tekanan diberikan pada jantung.

Asma
Ini membantu mengurangi serangan asma dan bernapas lebih mudah.

AIDS
Penelitian yang dilakukan Program Ilmu Gizi di Lexington membuktikan minyak ikan membantu pengobatan AIDS, karena membantu mengurangi tingkat trigliserida

Kesehatan kuku
Minyak ikan dapat digunakan sebagai kosmetik, asupan tinggi minyak ikan membantu meningkatkan tekstur dan kualitas kuku

Kesehatan tulang
Omega-3 ditemukan dalam minyak ikan membantu mengatur keseimbangan mineral tulang dan jaringan di sekitarnya.

Depresi
Orang yang menderita depresi memiliki tingkat rendah EPA. Oleh karena itu, minyak ikan bermanfaat bagi mereka yang menderita depresi.

Kehamilan bahagia
Minyak ikan baik untuk ibu hamil karena kandungan DHA di dalamnya membantu pengembangan mata dan otak bayi.
Ini membantu menghindari kelahiran prematur, berat badan rendah saat lahir, dan keguguran.

Anti-inflamasi
Ikan efektif dalam mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan.
Minyak ikan efektif dalam mengobati gangguan pencernaan, sindrom usus pendek dan penyakit inflamasi kronis.

Otak dan sistem saraf
Minyak ikan membantu meningkatkan memori, penalaran dan fokus.
Hal ini meningkatkan aliran darah dan bahkan mempengaruhi hormon dan sistem kekebalan tubuh, akhirnya mempengaruhi fungsi otak.

Melindungi terhadap diabetes tipe 2
Sebuah studi menemukan, minyak ikan dapat mencegah peradangan pada sel-sel lemak yang dapat menyebabkan resistensi insulin dan, pada akhirnya, diabetes tipe 2.

Jerawat
Minyak ikan efektif untuk mencegah jerawat, karena sifat EPA, yang mempengaruhi pembentukan sebum di dalam folikel rambut.

Meningkatkan suasana hati Anda
Selain penurunan depresi, minyak ikan telah terbukti meningkatkan mood.

PENTING :
  1. Minyak ikan merupakan sumber asam lemak omega – 3 yang harus dikonsumsi, akan tetapi itu tidak berarti bisa sepenuhnya menggantikan minyak nabati dengan minyak ikan.
  2. Penggunaan minyak ikan secara berlebih bisa mengakibatkan alergi. Minyak ikan juga bisa menjadi masalah jika bagi kondisi medis tertentu, sehingga perlu mengonsumsi suplemen minyak ikan dengan hati-hati. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh saran dosis yang tepat.
  3. Perhatikan kualitas minyak ikan sebelum membelinya, karena hampir semua ikan sebagai bahan utama minyak ikan terkontaminasi senyawa beracun seperti merkuri, arsenik, timah dan logam berat lainnya, akibat limbah industri yang dilepaskan kelaut ataupun udara. Dan tentu saja hal ini berpengaruh negatif terhadap tubuh manusia. Oleh karena itu, minyak ikan yang digunakan harus murni. Banyak produsen yang menjual minyak ikan yang ultra atau minyak ikan suling, tetapi Anda masih harus memeriksa apakah sudah memenuhi standar tertentu.
  4. Minyak ikan cod yang kaya akan vitamin A dan vitamin D, namun mengkonsumsi berlebihan dapat menyebabkan keracunan Vitamin, serta akumulasi vitamin yang berlebihan dalam tubuh yang dapat menyebabkan efek samping yang serius .
  5. Minyak ikan yang  mengalami oksidasi bisa menjadi tengik, jadi berhati-hati jika bahan sudah lama tidak habis atau pernah terbuka. Penambahan antioksidan seperti vitamin E kedalam minyak ikan bisa  membantu mencegah pembentukan radikal bebas.
  6. Berlebihan minyak ikan juga dapat menurunkan kadar vitamin E dalam tubuh manusia. Hilangnya vitamin E harus dilengkapi dengan suplemen vitamin E eksternal. Namun hal ini masih perlu untuk dibuktikan oleh penelitian lebih lanjut  yang lebih rinci sebelum mengambil kesimpulan yang kuat tentang penggabungan minyak ikan dan vitamin E.
Nah Demikian beberapa manfaat minyak ikan yang bisa teman-teman ambil, dan perlu di ingat juga efek samping yang di timbulkan, seperti yang sudah saya jelaskan di atas, cerdaslah dalam memilih dan mengkomsumsi minyak ikan, sehingga bisa berguna untuk kesehatan tubuh manusia.
jangan sunkan untuk membaca artikel saya sebelumnya yakni manfaat minyak almond.
Rating: 4.5