http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Wednesday 4 February 2015

Manfaat Dan Kerugian Karbon Untuk Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Dan Kerugian Karbon - Zat Arang yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari merupakan unsur kimia yang bisa kita manfaatkan untuk kehidupan akan tetapi  tidak hanya bermanfaat ternyata karbon juga bisa memberikan kerugian pada manusia, nah apa sajakah manfaat serta kerugian yang bisa di timbulkan .? semuanya akan terjawab pada artikel ini, jadi teman-teman harus membacanya sampai tuntas.

Karbon itu sendiri merupakan kata yang di ambil dari bahasa latin yakni carbo yang memiliki arti batu bara, batu bara sangat baik untuk proses pembakaran, karena kandungan alotrop karbon yang stabil membuat batu bara yang telah panas dapat bertahan lebih lama untuk di jadikan alat pembakaran yang efektif, oleh karenanya orang cenderung memilih batu bara untuk Proses pembakaran

Manfaat Karbon
karbon
Bentuk dan Macam Karbon tidak hanya terbatas batu bara saja, melainkan ada banyak sekali jenisnya, dan yang paling berharga dan memiliki nilai jual paling tinggi di muka bumi ini berasal dari karbon, benda itu tidak lain adalah berlian, Yup berlian merupakan salah satu bentuk karbon yang dengan tingginya nilai jual juga memiliki banyak optikal optis yang sangat cocok untuk di jadikan perhiasan yang berharga lagi menawan mata

Di awal kita memang membahas manfaat Karbon, dan sekarang saatnya kita melihat secara rinci perbedaan antara manfaat dan kerugian yang di timbulkan oleh karbon ini bagi manusia, silahkan simak di bawah ini.

Manfaat Dan Kerugian Karbon

MANFAAT KARBON

Aneka manfaat dari karbon dapat dilihat sebagai berikut:
  1. Karbon bermanfaat untuk menjadi bahan baku dasar perhiasan yaitu intan dan berlian.
  2. Karbon alami CO2 bermanfaat untuk proses fotosintesis tumbuhan agar menghasilkan oksigen yang dapat dihirup oleh tubuh kita.
  3. Karbon sebagai batu bara bermanfaat untuk membantu proses pembakaran, terutama untuk makanan. Banyak industri rumah tangga yang menggunakan batu bara dalam penyajiannya.
  4. Karbon juga memiliki senyawa yang sangat baik dan berguna untuk menjernihkan air yang kotor. Air yang berasal dari sumur tanah biasanya memiliki warna air kekuningan dan memiliki minyak dibagian atasnya. Simpan karbon dalam air, atau untuk proses filterisasi, maka air yang kuning dapat berubah menjadi jernih.
KERUGIAN KARBON

Kegunaan karbon yang cukup banyak dalam kehidupan sehari-hari, ternyata tidak terlepas dari bahaya atau kerugian karbon
  1. Karbon di alam dalam bentuk karbondioksida atau CO2 ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan. CO2 dihasilkan bukan hanya oleh tumbuhan tapi juga berbagai kendaraan bermotor yang sering disebut sebagai polusi. Polusi dapat membuat masalah kesehatan terutama dalam pernafasan. Gas CO2 yang bersifat racun dapat membuat metabolisme tubuh bereaksi dengan darah sehinggga menyebabkan penurunan kesadaran hingga serangan jantung.
  2. Keracunan karbon yang paling ringan diderita oleh seseorang biasanya ditandai dengan rasa pusing, mual, mata menjadi terasa kesat dan merah.
Setelah teman-teman mengetahui apa saja manfaat dari karbon ini, semoga bisa menambah wawasan kita tentang unsur kimia yang sangat mudah kita jumpai di kehidupan sehari-hari. jangan lupa untuk membaca artikel kami sebelumnya yakni Tips Mengatasi Tumit Pecah.
Rating: 4.5