http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.co.id/

Wednesday 18 June 2014

Manfaat Rumput Ilalang Untuk Kesehatan

Manfaat Ilalang Untuk Kesehatan - Rumput ilalang atau kadang lebih di kenal dengan Alang-alang ini adalah rumput liar yang biasanya bisa jadi rumput pengganggu di Perkebunan kita, akan tetapi banyak yang tidak tau jika Rumput ini juga sangat berguna untuk pengobatan Tradisional yang ampuh, maka dari itu pada kesempatan kali ini, aku sangat tertarik untuk membahas mengenai berbagai manfaat yang terkandung oleh rumput alang-alang ini.

Manfaat Rumput Ilalang
Rumput Ilalang
Ilalang memiliki nama Ilmuiah atau nama latin Imperata cylindrica, ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Orang Belanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai.
Nah untuk yang penasaran dengan akan khasat rumput ini silahkan saja di simak di bawah ini ya



Manfaat Rumput Ilalang Untuk Kesehatan

Obat Keputihan
500 gram akar alang-alang, 2 tangkai daun pepaya, 5 gram pulasari direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring, untuk diminum 2 kali sehari.

Melancarkan Air Seni
250 gram akar alang-alang, gula batu direbus dengan 3 gelas air selama 10 menit, dinginkan, saring. Minum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Obat Mimisan, hepatitis
200 gram akar alang-alang dicuci, rebus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal 2 gelas, dinginkan, saring, untuk diminum 3 kali sehari.

Obat Prostat
500 gram akar alang-alang direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal setengah, dinginkan, untuk diminum 3 kali sehari.

Obat Radang Paru-paru
500 gram akar alang-alang, 5 helai daun sembung, 10 kuntum bunga melati kering, garam, rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring. Larutan ini untuk diminum 2 kali sehari.

Obat Asma
100 gram akar alang-alang, 25 gram kencur, 25 gram daun sirih, rebus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal setengah, saring, masukkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh air jeruk nipis, minum sekaligus sebelum tidur malam.

Obat Diare
250 gram akar alang-alang dicuci, rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Sekali minum 1 gelas, segera setelah buang air besar.

Obat Hipertensi akibat sakit ginjal
200 akar alang-alang, tangkue (manisan dibuat dari labu putih), rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah, dinginkan, saring, minum 2 kali sehari.

Obat Kencing Batu
100 gram akar alang-alang, 1/2 genggam daun meniran, 1/2 genggam daun kumis kucing, rebus denga 5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, dinginkan, saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas sampai batu keluar.

Cukup beragam bukan teman-teman, manfaat dari Rumput yang satu ini, aku yakin teman-teman pasti bisa membuatnya dan menjadikan alternatif yang mudah-mudahan saja ampuh, Intinya si teman-teman harus rutin dalam mengkomsumsinya.
Baca juga man teman artikel sebelumnya yang aku bagikan yakni Cara Menambah Berat Badan, nah Terima Kasih ya.
Rating: 4.5